Hubungan Antarmakhluk Hidup Dengan Lingkungannya, Simbiosis

MATERI IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM)

Mahkluk hidup adalah mahkluk social yang tidak dapat hidup sendiri. Mahkluk hidup pasti juga berinteraksi dengan mahkluk hidup lainnya. Simbiosis pun juga termasuk bentuk interaksi mahkluk hidup, simbiosis terdiri dari mutualisme, parasitisme, komensalisme, dan amensalisme.

Arti simbiosis dan contohnya:

  • Mutualisme: keduanya sama sama diuntungkan.                                                                          
  • Parasitisme : satu pihak untung, sedangkan pihak lain tidak untung/dirugikan.
  • Komensalisme : satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.
  • Amensalisme : satu pihak dirugikan, sedangkan pihak lain tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

 

Hubungan Antarmakhluk Hidup Dengan Lingkungannya

Contoh simbiosis Mutualisme:

1. lebah/kupu-kupu dengan bunga. Lebah/kupu-kupu untung karena mendapatkan nectar dari bunga, dan bunga terbantu proses penyerbukan yang dibantu oleh lebah/kupu-kupu.
2. Burung jalak dengan kerbau. Burung jalak untung karena mendapatkan makanan yaitu kutu, dan kerbau untung karena tubuhnya terbebas dari kutu.
3. Bakteri ecoli dan usus manusia. Bakteri ecoli untung karena mendapat makanan, manusia untung karena terbantu proses pencernaan di usus besar.
4. Ikan remora dan parasit hiu. Ikan remora untung karena mendapatkan makanan dari parasit hiu, dan hiu untung karena parasitnya hilang

contoh simbiosis Parasitisme:

1. Tali putri menempel pada tumbuhan inang. Tali putri untung mendapat makanan dari tumbuhan inang, sedangkan tumpbuhan inang rugi karena makannnya diambil oleh tali putri.
2. Cacing pita pada tubuh manusia/hewan. cacing pita mendapatkan nutrisi dari tubuh manusia/hewa, sedangkan manusia/hewan rugi karena kekurangan nutrisi
3. Kutu menghisap darah manusia/hewan. Kutu untung karena mendapatkan darah dari manusia/hewan,sedangkan manusia/hewan rugi karena darah diambil oleh kutu.
4. Benalu dengan tumbuhan inang. Benalu untung karena mendapatkan makanan dari tumbuhan inang, sedangkan tumbuhan inang rugi karena makanan diambil oleh benalu.

contoh simbiosis Komensalisme:

1. Tanaman anggrek dengan pohon mangga. Anggrek untung karena ada tempat hidup, sedangkan pohon mangga tidak untung dan tidak rugi.
2. Paku tanduk rusa dengan pohon yang ditempeli. Paku tanduk rusa untung karena mendapat tempat hidup, sedangkan pohon tidak diuntungkan maupun dirugikan.
3. Tumbuhan sirih yang menempel pada tumbuhan lain. Tumbuhan sirih untung karena mendapatkan tempat hidup,sedangkan pohon tidak diuntungkan maupun dirugikan.
4. Ikan badut dengan anemon laut. Ikan badut untung karena mendapatkan perlindungan dari anemon laut, sedangkan anemon laut tidak untung tidak rugi.

contoh simbiosis Amensalisme:

1. Jamur penisilin dengan bakteri kudis. Penisilin mampu membunuh bakteri (bakteri dirugikan) sedangkan jamur penisilin tidak untung tidak rugi.
2. ketela pohon yang hidup di dekat pohon bambu.ketela pohon dirugikan karena kekurangan zat hara, pohon bambu tidak diuntungkan maupun tidak dirugikan.
3. Gulma dengan tanaman padi. Padi rugi karena kekurangan zat hara, sedangkan gulma tidak untung tidak rugi.
4. Tumbuhan lamtoro dengan gandum. Tumbuhan lamtoro mengeluarkan senyawa yang memberikan dampak buruk bagi gandum. Jadi, gandum dirugikan karena adanya tumbuhan lamtoro dan tumbuhan lamtoro tidak untung tidak rugi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url