Jenis Jenis Paragraf

Jenis paragraf merupakan buah dari pikiran pokok yang terdapat disebuah karangan, yang dikembangkan menjadi suatu karya tulis. Berdasarkan tujuannya, jenis jenis paragraf dibedakan menjadi berikut ini.

Jenis Jenis Paragraf


a.)Paragraf Narasi.

Paragraf Narasi adalah jenis paragraf yang bertujuan menceritakan serangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan urutan waktu terjadinya kejadian tersebut.

b.) Paragraf Argumentasi.

Paragraf Argumentasi adalah jenis paragraf yang berisi ide atau gagasan dengan diikuti alasan yang kuat untuk meyakinkan pembaca dengan isinya yang mengemukakan suatu pendapat yang diyakini.

c.) Paragraf Deskripsi.

Paragraf Deskripsi adalah gagasan pokok yang bertujuan menggambarkan suatu objek sehingga para pembaca seakan bisa melihat, mendengarkan, dan merasakan objek dalam cerita tersebut.

d.) Paragraf Eksposisi.

Paragraf Eksposisi adalah jenis paragraf yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu teori, teknik, atau kiat sehingga orang yang membacanya akan bertamabh wawasannya.

e.) Paragraf Persuasi.

Paragraf Persuasi adalah paragraf yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakkan atau menerima ide penulis terhadap suatu hal.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url